Minggu, 24 April 2011

Peran Arsitek Dalam Pemeliharaan dan Pemugaran Bangunan Historis

Berdasarkan materi perkuliahan mengenai Konservasi Arsitektur mengenai peran arsitek dalam pemeliharaan dan pemugaran bangunan, peran tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu internal dan eksternal.

Secara internal peran arsitek, yaitu:
  1. Meningkatkan kesadaran di kalangan arsitek untuk mencintai dan mau memelihara warisan budaya berupa kawasan dan bangunan bersejarah atau bernilai arsitektur tinggi.
  2. Meningkatkan kemampuan serta penguasaan teknis terhadap jenis-jenis tindakan pemugaran kawasan atau bangunan, terutama teknik adaptive reuse.
  3. Melakukan penelitian serta dokumentasi atas kawasan atau bangunan yang perlu dilestarikan.
*Yang dimaksud dengan adaptive reuse, mungkin lebih diartikan menjadi suatu teknik yang digunakan sehingga dapat mengembalikan fungsi lama dari suatu bangunan atau kawasan tertentu (tentunya yang dipelihara atau dipugar) atau dengan membuat fungsi baru sehingga kawasan atau bangunan tersebut dapat digunakan kembali. Tentunya sesuai dengan kaidah atau etika yang berlaku.


Untuk peran arsitek secara eksternal, yaitu:
  1. Memberi masukan kepada Pemda mengenai kawasan-kawasan atau bangunan yang perlu dilestarikan dari segi arsitektur.
  2. Membantu Pemda dalam menyusun Rencana Tata Ruang untuk keperluan pengembangan kawasan yang dilindungi (Urban Design Guideline).
  3. Membantu Pemda dalam menentukan fungsi atau penggunaan baru bangunan-bangunan bersejarah atau bernilai arsitektural tinggi yang fungsinya sudah tidak sesuai lagi (misalnya bekas pabrik atau gudang) serta mengusulkan bentuk konservasi arsitekturalnya.
  4. Memberikan contoh-contoh keberhasilan proyek pemugaran yang dapat menumbuhkan keyakinan pengembang bahwa dengan mempertahankan identitas kawasan/bangunan bersejarah, pengembang akan lebih memberikan daya tarik yang pada gilirannya akan lebih mendatangkan keuntungan finansial.

Namun, menurut saya pribadi, tentunya peran arsitek tidak hanya berdiri sendiri dalam melakukan pemeliharaan dan pemugaran bangunan yang memiliki histori. Arsitek pasti akan dan harus bekerja sama dengan para ahli dalam bidang-bidang lainnya yang mendukung pemeliharaan dan pemugaran menjadi berjalan dengan baik. :)



Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar