Selasa, 01 Maret 2011

KOTA TUA yang "nggak" tua...

Kawasan Kota Tua, hayooo...siapa nggak tau??
Kalo nggak tau juga nggak apa-apa sih, tapi coba deh dateng ke sini, lumayan loh buat jalan-jalan atau sekedar foto-foto.

Kawasan Kota Tua yang terletak di Jakarta, mudah sekali dijangkau, cuma tinggal jalan kaki dari stasiun Jakarta Kota kalau naik kereta atau jalan kaki dari shelter-nya transjakarta yang di depan stasiun Kota. Hemat ongkos, murah meriah, hahaha...
Karena mudah dijangkau itu, mungkin banyak peminatnya yang datang ke sini. Coba aja jalan-jalan ke Kota Tua, pasti selalu rame. Pengunjungnya sendiri dari berbagai macam kalangan loh, dari yang kecil sampai yang gede. Berbagai macam aktivitas juga yang terdapat di sana.

Shelter Transjakarta dan Stasiun Jakarta Kota yang dekat dengan Kawasan Kota Tua
(Foto: Koleksi Pribadi)

"lorong" penyebrangan
(Foto : Koleksi Pribadi)

Di kawasan Kota Tua ini terdapat beberapa museum, dari Museum Seni dan Keramik, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, dan museum lainnya. Tapi, kalau ke Kota Tua, nggak lengkap rasanya kalau belum mampir ke Museum Fathillah, landmark-nya Kota Tua. Mau masuk, ataupun cuma duduk-duduk di terasnya atau di alun-alun depan Museum Fatahillah.

Museum Wayang (kiri) dan Museum Fatahillah (kanan)
(Foto: Koleksi Pribadi)

Jadi, selain jadi tempat buat refreshing, Kota Tua juga bermanfaat buat menambah edukasi kita, terutama dari museum-museumnya itu. Contohnya nih kalo mau tau tentang Kota Jakarta, masuk deh ke Museum Fatahillah, ada contoh dari prasasti Ciarateun-nya Kerajaan Tarumanegara juga loh!!

Museum yang terdapat di Kota Tua, berada dalam bangunan-bangunan kolonial yang masih ada dan dilestarikan di kawasan tersebut. Jadi bangunannya juga punya sejarah sendiri. Kayak Museum Fathillah yang dulunya dipakai sebagai kantornya Gubernur Belanda.

Nah, kebetulan saya suka jalan-jalan ke sini walaupun nggak sering, jadi saya coba ulas sedikit deh. hehehe...

Aktivitas di alun-alun Museum Fatahillah
(Foto: Koleksi Pribadi)

Kalo lagi jalan-jalan ke sini nih, selain masuk ke museumnya buat nambah pengetahuan, sekalian ngadem, hehe... paling enak itu jalan-jalan muterin kawasan Kota Tua sambil foto-foto, kalo mau juga bisa sewa sepeda ontel buat jalan-jalannya. Nggak sedikit loh, orang-orang yang nyewa sepeda ontel buat jalan-jalan atau cuma sekedar foto-foto bareng sepedanya. Orang yang bawa kamera dari kamera handphone, kamera poket, atau kamera beneran kayak sejenis DSLR juga banyak. Soalnya banyak objek menarik sih yang memang bagus untuk di foto, seperti halnya bangunan-bangunan tua yang menyimpan keindahannya tersendiri walaupun kurang terawat. :)

Bangunan di Kawasan Kota Tua
(Foto : Koleksi Pribadi, (plus jepretan yang ada valine-ny)) :)

Salah satu tempat yang paling asik buat 'nongkrong', maenin sepeda ontel, foto-foto, ataupun ngeliat berbagai macam atraksi, yaitu kalo lagi di alun-alun depan Museum Fathillah. Alun-alun serbaguna lah itu, hahaha.

Di alun-alun Kota Tua, sering sekali berbagai macam atraksi ditampilkan. Saat saya jalan-jalan di Kota Tua, dari ondel-ondel, kuda lumping, promosi obat tapi pake atraksi kayak gaib-gaib gitu, atraksi pake sepeda, sampai sesi latihan penarinya Marching Band Mandiri Heritage , sudah saya lihat.

Berbagai macam atraksi di Kota Tua
(Foto : Koleksi Pribadi)

Biasanya sih, saat hari-hari libur, alun-alun ini dikunjungi berbagai manusia, ramai sekali. Segala jajanan keluar dari sarangnya, begitu juga penjual asesoris, dan teman-temannya, hahaha. Nah, saat hari kerja, walau tidak seramai, tumplek blek seperti hari libur, kawasan Kota Tua tidak pernah kehilangan pengunjungnya.
Salah satu sudut di Kawasan Kota Tua
(Foto : Koleksi Pribadi)

Nah, ada yang pernah lihat alun-alun Kota Tua di malah hari??
Nggak kalah bagusnya dari siang hari, malah lebih romantis loh kalo malam, dengan lampu-lampu yang ditanam (jadi kayak spotlight gitu) dan menerangi alun-alun dan Museum Fathillah.

Museum Fatahillah di malam hari
(Foto : Google image)

Kota Tua emang nggak pernah "tua" deh!! hahaha... :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar