Fish

Rabu, 26 Januari 2011

BOTANI SQUARE BOGOR


Botani Square merupakan salah satu mall terbesar dengan besar luas area yang disewakan, yaitu 42.000 m2 dan terlengkap di kota Bogor, karena di dalamya terdapat IPB International Convention Centre (IICC) dan Hotel Santika. Botani Square ini sendiri juga dike
nal sebagai pusat perbelanjaan yang peduli & ramah lingkungan, yang rimbun penghijauan.

Botani Square terletak di posisi strategis yaitu di pusat Kota Bogor, samping pintu masuk tol Bogor, dan tepat di depan Tugu Kujang, juga dekan dengan terminal Baranang Siang. Botani Square saat ini telah menjadi tujuan seluruh masyarakat Bogor dengan traffic pengunjung rata-rata 30.000 per-hari.

Dari segi fasade, Botani Square yang sering disebut juga dengan Boquer, tidak begitu berbeda dengan mall-mall lainnya, yang mengambil bentuk dasar kotak. Bentuk kotak diyakini sampai sekarang sebagai bentuk yang paling fungsional dalam pemanfaatan pembentukan ruang-ruangnya, sehingga diharapkan tidak terdapat ruang sisa.

Bentuk fasade dari Boquer ini juga menyatu dengan bentukan dari Hotel Santika yang jika dilihat dari pintu masuk utama, terletak berada di belakang bangunan Boquer dengan bentukan persegi panjang yang tegak. Hotel Santika ini juga dapat terlihat dari arah pintu keluar/masuk tol Bogor.

Bentuk fasade dari Boquer dibuat atraktif dengan penggunaan warna-warna yang cerah, seperti orange. Berbeda dengan Hotel Santika yang didominasi warna agak muda, yaitu cream. Sehingga dapat terlihat mana perbedaan, antara bangunan hotel dan mall-nya.

Saat menginjakkan kaki (2010) di Mall yang beroperasi pada tahun 2006 ini, terlihat cukup banyak tumbuhan yang mengelilingi area Boquer, terutama di area parkir mobilnya. Mungkin karena mengusung nama “botani”, area penghijauan pun juga sangat diperhatikan.

(a) (b)

(a)Kondisi Boquer awal pembukaan, (b) Kondisi Boquer saat ini

Setelah memasuki bangunannya, di pintu utamanya terdapat dekorasi tema dari mall tersebut., sesuai bulannya. Melalui pintu utama, kita akan melihat lorong besar yang di kanan-kiri nya terdapat toko-toko, saat itu di tengah lorong tersebut juga terdapat kios-kios seperti butik yang didominasi penjualan baju batik.

Dari lorong tersebut, kita akan dibawa ke tengah ruangan, yang terdapat void (jika melalui salah satu pintu samping dari bangunan, kita akan langsung menemukan letak void tersebut). Dari void tersebut, kita dapat melihat lantai Under Ground dari Boquer.

Jika dilihat dari namanya, yaitu Botani Square, penggunaan kata “square” pada mall tersebut mungkin juga merujuk pada suatu lahan yang cukup luas di tengah bangunan untuk menampung kegiatan (non-reguler) pada bangunan tersebut, sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya (dalam postingan Sejarah Mall). Yang menyatakan:

"...fasilitas gedung kawasan belanja kadang disebut plasa (asal kata dari bahasa Spanyol, plaza) dan square (asal kata dari bahasa Inggris). Baik plasa maupun square sebetulnya merujuk pada suatu lapangan terbuka yang ditujukan bagi masyakarakat untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti halnya kita mengenal istilah alun-alun. Konsep plasa dan square ini dikombinasikan dengan konsep mal, sehingga menjadi kawasan belanja dalam gedung dengan lahan tengah (square/plaza) cukup luas untuk menampung berbagai kegiatan-kegiatan non reguler misalnya fashion show atau pameran mainan anak-anak."

Begitu juga yang terdapat pada bangunan Boquer, dari void pada Ground Floor, square itu dapat terlihat. Dan difungsikan sesuai dari tema kegiatan yang dilakukan setiap bulannya. Saat saya ke Boquer, square tersebut dijadikan tempat untuk penjualan baju atau sepatu, dan asesoris wanita lainnya, seperti butik kecil (seperti yang terdapat di dekat pintu utama).

Penggunaan "square" pada Boquer

Di lantai basement juga dapat ditemukan area parkir, dan toko-toko yang didominasi toko yang menjual alat-alat rumah tangga, juga terdapat area bermain anak dan keluarga. Untuk Ground Floor-nya didominasi toko-toko penjualan makanan, seperti JCo, BreadTalk, Mister Baso, dll, juga terdapat Giant sebagai tempat berbelanja keperluan rumah tangga, juga beberapa toko elektronik. Naik ke lantai selanjutnya, didominasi dengan toko yang menjual garmen/pakaian. Dan di lantai paling atas juga terdapat toko makanan, food court, toko asesoris, dan tempat hiburan lainnya, seperti fitness centre, bioskop, dll. Setiap lantai terdapat fungsi utamanya tersendiri.

...(1)

...(2)

...(3)

(1) Kondisi basement, (2) Kondisi ground floor, (3) Kondisi top floor

Karena Boquer termasuk salah satu mall terbesar di kota Bogor yang juga didukung dengan akses yang baik, maka tidak heran saya melihat berbagai macam pengunjung yang terdapat di mall tersebut. Pada tahun 2010, (tanggal 24 Desember, malam hari) keadaan Boquer ramai sekali, di setiap sudut hampir bisa ditemui keramaian. Mungkin karena bertepatan dengan liburan dan malam Natal, sehingga banyak pengunjung yang meluangkan waktu ke Boquer, yang saat itu didominasi oleh pengunjung yang datang bersama keluarga ataupun teman-temannya. Tahun 2011 pun, (10 Januari, siang hari), saya disuguhi dengan pemandangan pengunjung yang berbeda, yang lebih didominasi oleh anak sekolah ataupun kuliah, karena waktu itu juga awal semester baru.

Jadi, saat ini, fungsi mall tidak hanya sebagai tempat/pusat berbelanja, melainkan sudah lebih meluas, menjadi tempat untuk hang-out, refreshing, hiburan, berkumpul, dll, sebagaimana yang dapat terlihat di Botani Square Bogor.

10 komentar:

  1. yaampun ini mall di sebelah kampus gua yaitu IPB.. katanya tanahnya milik IPB makanya di mall ini banyak di simpan logo IPB sebagai tanda setengah milik IPB

    BalasHapus
  2. sepertinya begitu..hehe..
    :)

    BalasHapus
  3. yang paling menarik disana adalah ketika hujan, ojek payung berdatangan

    BalasHapus
  4. itu memang punya IPB..
    Aslinya itu adalah asrama putri baranangsiang IPB..
    semenjak IPB mendapatkan UU ttg pencarian dana secara mandiri, kampus putri tsb di investasikan menjadi mall Botani Square & Hotel Santika...
    Makanya seluruh penghasilan dr IICC dan pajak penjualan masuk di kas IPB...

    BalasHapus
  5. @dasril.com : waah...sepertinya kalo ojek payung ada dimana2..hehe..
    tapi dgn adanya Botani Square jd lahan berharga untuk menambah uang belanja bagi para ojek payung saat hujan.. :D

    BalasHapus
  6. @Tian Issac Newton: Pak/mas Tian, terima kasih info tambahannya. :)
    Ternyata IPB punya cara unik untuk 'kemandiriannya', jarang2 ngliat kampus buat mall+hotel..hehe.. :D

    BalasHapus
  7. @Tian Issac Newton: itu bukan cm asrama putri gan, tapi kelas2 tempat ane kuliah dulu, lapangan sepak bola n basket tempat ane tiap pagi main, puskesmas, ruang praktikum, termasuk asrama putri tempat ane suka main ^^v, dll. dulu mahasiswa sempet protes dengan rencana pembangunan mall tsb, termasuk guru besar sepuh Alm. AH. Nasution, n mungkin karena mrk segan dengan pak Andi maka pembangunan sempat dibatalkan, tapi Pak Andi keburu menghadap Illahi n rencana pembangunan bersemi kembali, setelahnya ane ga tau lagi perkembangannya, ane keburu lulus n jarang main ke Bogor lagi, tau2 mal boquer dah jadi.

    BalasHapus
  8. @TechTarikh: terima kasih infonya.. :)
    ternyata banyak fasilitas IPB yang 'dikorbankan' juga ya untuk pembangunan Boquer..

    BalasHapus
  9. tidak ada info untuk mencapai tempat tersebut bagi yang bukan domisili Bogor yaa...

    BalasHapus
  10. Untuk ke Boquer bagi yang berdomisili di luar Bogor bisa lewat tol, keluar di tol Bogor.

    Bisa juga naik kereta turun di stasiun Bogor, trus dilanjutkan naik angkot *gtw nmor angkotny tp saya..hehe*, bisa tanya sama org skitar kalo mo ke Boquer naik angkot yg mna.. :)

    naik bus jg bisa sepertinya, turun di terminal baranang siang, deket qo dr situ.

    BalasHapus