Rabu, 01 Juni 2011

Belajar Feng Shui - Trigram

Trigram dari I-ching

Trigram

Trigram adalah rangkaian garis putus dan garis sambung dengan desain sederhana. Orang China percaya trigram sudah digoreskan pada punggung seekor penyu. Energi Yin diwakili oleh garis putus (- -) dan Yang oleh garis sambung (---).

Masing-masing trigram memiliki rangkaian tiga bagian, karena itu dapat dibentuk delapan perubahan urutan yang berbeda. Dari peta trigram di atas dapat terlihat bahwa setiap trigram merupakan rangkaian unik dari tiga garis putus dan garis sambung atau gabungannya.

Setiap trigram mengandung karakter dan sifat unik. Trigram membentuk dasar dari analisis dalam suatu kajian desain menggunakan Feng Shui, misalnya pada desain denah rumah/bangunan. Delapan trigram dibagi menjadi dua kelompok utama. Dalam kelompok Timur ada trigram Li, Sun, K’an, dan Chen. Kelompok Barat terdiri dari K’un, Tui, Ken, dan Chien.

Setiap trigram mewakili banyak hal, termasuk arah, elemen, dan angka. Setiap trigram menguasai bagian tubuh yang berbeda. Secara tradisional, setiap trigram dihubungkan dengan anggota keluarga. Trigram bermanfaat bagi penentuan penyakit dan memberikan penyembuhan spesifik berdasarkan elemen pengaturan trigram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar