Rabu, 01 Juni 2011

Belajar Feng Shui - Konsep Lima Elemen/Unsur

Menurut filsafat China, di dalam alam semesta ini ada lima unsur dasar yang bahasa aslinya adalah”wu shing”. Secara harfiah, wu shing berarti kegiatan nan lima atau pelaku nan lima. Lima unsur ini terdiri dari kayu, tanah, api, air, dan logam. Masing-masing unsur saling memiliki pengaruh relatif antara satu dengan lainnya.

Hubungan Antar Unsur

Pada dasarnya sifat maupun karakter manusia dapat diketahui dari unsur-unsur pribadinya. Hubungan antar unsur dapat terlihat dari suatu unsur yang dapat memproduksi, menghancurkan atau merusak, membatasi kemampuan, dan mereduksi unsur lainnya.

Unsur air dan unsur logam termasuk dalam kutub yin, unsur kayu dan unsur api termasuk dalam kutub yang, sedangkan unsur tanah/bumi termasuk kutub netral. Dalam hubungan lima unsur/elemen tersebut terdapat empat siklus yang terjadi, yaitu :

1. Siklus produktif

Merupakan siklus membangkitkan suatu unsur terhadap unsur yang lain. Urutan yang terjadi, api menghasilkan tanah (semua benda yang terbakar api akan menjadi abu), tanah menghasilkan logam (logam didapat dari dalam bumi), logam menghasilan air (logam melebur atau mencair), air menghidupi kayu (tumbuhan atau pohon membutuhkan air untuk tumbuh), kayu memperbesar api (kayu akan terbakar).

2. Siklus destruktif

Merupakan siklus menghancurkan atau dominan antara suatu unsur terhadap unsur lainnya. Urutan siklus yang terjadi, kayu merusak tanah (tumbuhan hidup di atas tanah), tanah menghalangi air (tanah menyerap air), air mematikan api, api membakar logam, dan logam membelah kayu.

3. Siklus pengendali

Merupakan siklus yang berkuasa, menahan, atau membatasi kemampuan suatu unsur terhadap unsur lainnya. Contohnya, unsur tanah akan banyak membentuk logam. Untuk membatasi kemampuan tanah membentuk logam maka dimasukkan unsur kayu, akrena akan mendominasi tanah dan akan mengurangi kemampuannya membentuk logam.

4. Siklus reduktif

Merupakan siklus yang mereduksi, melarutkan, atau membubarkan suatu unsur terhadap unsur lainnya. Siklus ini digunakan untuk memulihkan ketidakseimbangan yang diciptakan siklus dominan. Misalnya, unsur api dan logam, api akan mendominasi logam sehingga dimasukkan unsur tanah karena akan mengurangi dominasi api terhadap logam dengan cara menguatkan logam.


3 komentar:

  1. boleh tanya ga..
    kalau unsur Logam menikah dengan unsur kayu, apakah ada kemungkinan dua"nya tidak bisa saLing terdukung? contoh, Logam akan tidak sukses dalam berkarir?

    BalasHapus
  2. klo unsur air bertemu/menikah dg unsur air bersifat bgmn yaa? dan bgmna supaya pernikahannya langgeng krn yg sy alami sering berselisih paham.mohon penjelasannya.thx

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus