Rabu, 09 Desember 2009

PYROPHYLLITE, bahan beton ramah lingkungan.

PYROPHYLLITE, bahan beton ramah lingkungan.

Pyrophyllite (Piropilit) adalah material dengan kandungan silika yang tinggi dan memiliki ketersediaan cukup banyak (jutaan ton) dan berada pada kawasan luas (ratusan hektar) di Indonesia.
Piropilit adalah paduan dari alumunium silikat, yang mempunyai rumus kimia Al2O3.4SiO2H2O. Mineral yang termasuk piropilit adalah kianit, andalusit, dan diaspor. Bentuk kristal piropilit adalah monoklin serta mempunyai sifat fisik dan kimia yang mirip dengan talk.
Piropilit terbentuk umumnya berkaitan dengan formasi andesit tua yang memiliki kontrol struktur dan intensitas ubahan hidrotermal yang kuat. Piropilit terbentuk pada zone ubahan argilik lanjut (hipogen), seperti kaolin, namun terbentuk pada temperatur tinggi dan pH asam.
Kegunaan piropilit adalah untuk pakan ternak, industri kertas sebagai pengganti talk, pengganti bahan beton, dan lain-lain .
Piropilit terdapat di beberapa tempat yang diakibatkan munculnya formasi andesit tua, seperti di Pulau Sumatera, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Pulau Sulawesi.

Kegunaan bahan Pyrophyllite:
1. Mewujudkan beton ramah lingkungan (green concrete).
Hal ini disebabkan karena mengurangi penglepasan CO2 ke udara sebagai salah satu penyebab rusaknya lapisan ozon.
2. Meningkatkan kekuatan tekan beton.
Setelah dilakukan metode pengujian tekan terhadap benda uji laboratorium dan analisis data dengan uji anova serta regresi sehingga dapat diketahui hubungan antara penambahan pyrophyllite dan kekuatan beton yang dihasilkan mencapai hingga 42 persen.
3. Penghematan Semen.
Dengan meningkatnya kuat tekan beton terlihat pada indikasi penghematan penggunaan semen.
4. Menurunkan biaya produksi beton.
Penggunaan pyrophyllite bisa menurunkan fc` target yang bisa berdampak pada pengurangan penggunaan semen bahkan menurunkan biaya produksi beton dan mengurangi emisi gas CO2.
5. sebagai bahan baku industri keramik dan porselin.

(Tugas : Margie C. Siahay)

4 komentar:

  1. bisa tahu penelitiannya ya???? berapa komposisi campuran dan piropilit spesifikasinya kayak apa???
    Thank you berat ya.....

    BalasHapus
  2. Iya, saya juga penasaran dengan penelitiannya. Karena banyak yg bilang phyrophyllite manfaatnya seperti di atas, tp gak ada sumbernya -__-

    BalasHapus
  3. Mohon maaf sebelumnya, berhubung ini tugas temen saya, jadi saya juga kurang tau pastinya seperti apa. Nanti coba saya searching lagi, insyaAllah, kalo udah dapet nanti saya share. Terima kasih masukkannya. :))

    BalasHapus
  4. Batu PYROPHYLLITE (Al2O3.4SiO2H2O),

    Merupakan material dengan kandungan silika tinggi yang dikenal dengan bahan baku Industri keramik / Porselin , Industri kertas sebagai pengganti Talk, Rubber, Beton / Semen dan lain-lain

    Kita bisa memenuhi kapasitas ( pengiriman ) dengan jumlah yang besar, dan kapasitas kami bisa sanggup memenuhi kuota 1,000 – 20,000 Ton / Bulan.
    This content : SiO2 : 70%, Al2O3 : 24%, Fe2O3 : 0.07%, SO3 : 0.01%, CaO : 0.0.5%, C : 0.0.1%, Loss On Ignition at 10000C : 3.75%

    Lokasi Tambang dan pengolahan kita ada di Malang Selatan - Jawa Timur
    CP :
    Email : dany_kr@yahoo.com
    HP / WA / SMS : 081 334 63 2121
    Office : 0341 490 898

    BalasHapus